Categories: Life

Perbedaan Motivation Letter dan Resume yang Perlu Anda Tahu

Ini Bedanya Motivation Letter dan Resume

Perbedaan motivation letter dan resume terkadang menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian orang. Bagi kamu pemburu beasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi di luar negeri, atau kamu yang sedang mencari kerja. Mungkin kamu diharuskan untuk membuat motivation letter dan resume. Oleh karena itu, untuk mempermudah dalam membuat motivation letter dan resume, kamu dapat mempelajari perbedaan dan bagaimana pembuatan keduanya. 

Motivation Letter

Motivation letter adalah esai mini yang menyatakan alasan kamu melamar ke lembaga tertentu (baik untuk tujuan pendidikan atau untuk tujuan perusahaan). Surat pribadi memiliki tujuan untuk membujuk panitia seleksi untuk menerima anda sebagai tambahan baru mereka. Jadi secara singkat, motivation letter adalah surat yang menunjukkan bahwa kita itu punya motivasi untuk mendaftar di perguruan tinggi, mendaftar beasiswa atau posisi tertentu untuk bekerja di suatu perusahaan. 

Dalam penulisan motivation letter, terdiri dari beberapa paragraf. Memuat tujuan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, minat, prestasi, alasan memilih dan rencana masa depan kamu bagaimana. Karena motivation letter merupakan surat maka pada bagian awal perlu mencantumkan kepada siapa surat itu ditujukkan (contoh: Dear Sir/Madam). 

Resume

Resume adalah dokumen formal yang memberikan gambaran tentang kualifikasi profesional kamu, termasuk pengalaman kerja yang relevan, keterampilan, pendidikan dan prestasi. Resume bertujuan untuk meyakinkan atasan bahwa kamu layak untuk diwawancarai. Bagian-bagian resume yaitu detail kontak, pendahuluan, pendidikan, pengalaman dan keterampilan.

Apakah Anda sudah paham perbedaan motivation letter dan resume? Bagaimanapun formatnya motivation letter memuat tujuan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, minat, prestasi, alasan memilih dan rencana masa depan kamu bagaimana. Sedangkan resume memuat resume yaitu detail kontak, pendahuluan, pendidikan, pengalaman dan keterampilan.

Beri Kartika

Share
Published by
Beri Kartika

Recent Posts

Harga dan Spesifikasi Itel P65, Ponsel Murah Mulai dari 1 Jutaan!

Mencari smartphone dengan harga terjangkau tetapi tetap memberikan performa yang mumpuni? Itel P65 bisa jadi…

3 weeks ago

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung A11 Tanpa Ribet

Dengan semakin banyaknya aplikasi yang kita gunakan sehari-hari, menjaga privasi dan kenyamanan dalam menggunakan ponsel…

4 weeks ago

Baru Rilis! Ini Dia Spesifikasi dan Harga Realme 13

Siapa yang tidak kenal dengan brand Realme? Salah satu merek smartphone yang kini sedang naik…

4 weeks ago

Ini Dia Spesifikasi dan Harga Infinix Note 40X 5G Terbaru!

Infinix Note 40X 5G adalah salah satu smartphone terbaru yang menawarkan kombinasi spesifikasi tinggi dan…

1 month ago

Spesifikasi dan Harga Vivo Y81i di Indonesia Terbaru

Ponsel pintar semakin hari semakin canggih dan beragam, dan salah satu yang patut diperhitungkan adalah…

1 month ago

Baru Rilis! Ini Dia Harga dan Spesifikasi Vivo V40 SE 4G

Apakah kamu sedang mencari smartphone baru dengan fitur canggih namun tetap ramah di kantong alias…

1 month ago