quotes-persahabatan-dari-tokoh-terkenal

BeritaTerbuka.com – Sahabat adalah salah satu orang yang mempunyai kedekatan secara emosional dengan kita. Sahabat yang baik adalah sosok yang selalu ada pada berbagai momen, tak peduli dalam kondisi gembira maupun sedih. Sangat beruntung untuk Anda yang mempunyai seorang sahabat sejati.

Layaknya hubungan pada umumnya, hubungan persahabatan juga perlu dijaga dan juga dipertahankan. Berbagai cara bisa kita coba lakukan seperti memahami satu sama lain dengan baik, berkomunikasi secara terbuka, dan menghindari konflik yang sifatnya menjatuhkan satu sama lain. Dengan begitu, bukan tak mungkin hubungan persahabatan Anda langgeng hingga usia tua.

Beberapa tokoh terkenal dunia pernah memberikan wejangan berupa quotes persahabatan yang bisa menjadi pengingat kita dalam hubungan bersahabat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything.” – Muhammad Ali

Petinju kelas dunia, Muhammad Ali, pernah menyebutkan pandangannya tentang hubungan persahabatan. Dari quotes persahabatan yang ia berikan, Muhammad Ali menganggap bahwa persahabatan adalah suatu hal yang sulit untuk dijelaskan dan bahkan bukan suatu hal yang kita pelajari dari sekolah. Namun dengan adanya sahabat, kita jadi dapat mempelajari banyak hal dalam hidup.

Friendship is one mind in two bodies.” – Mencius

Mencius adalah seorang filsuf Tiongkok yang percaya bahwa orang yang mempunyai hubungan persahabatan memiliki ide yang sama. Karena itu, ketika seseorang terhubung satu sama lain dalam obrolan karena mereka memiliki ide atau hobi yang sama, dengan begitu mereka akan dengan mudah menjalin sebuah persahabatan.

It takes a great deal of bravery to stand up to our enemies, but just as much to stand up to our friends.– Albus Dumbledore (on Harry Potter and The Sorcerer’s Stone)

Jika Anda mengikuti serial novel maupun film Harry Potter, Anda pasti sudah tidak asing dengan nama Albus Dumbledore. Kepala sekolah dari sekolah sihir Hogwarts tersebut memiliki karakter yang sangat bijak dan dapat memberi berbagai wejangan terbaik mulai dari persoalan kehidupan hingga persahabatan.

Dalam seri Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, salah satu highlight dari Dumbledore adalah ketika Harry, Ron, dan Hermione bekerja sama dalam melawan mountain troll yang dikirim oleh Professor Riddle. Di situ, Dumbledore menyebutkan betapa pentingnya untuk melindungi sahabat.

Nah, dari 3 quotes persahabatan yang diberikan oleh tokoh-tokoh terkenal di atas, kata-kata persahabatan manakah yang paling Anda sukai?

Dalam sebuah hubungan persahabatan, ada baiknya jika kita sering-sering memaknai arti kehadiran satu sama lain agar rasa syukur yang kita miliki akan hadirnya sang sahabat bisa terus dirasakan dan hubungan tersebut tidak menjadi taken for granted. Semoga hubungan Anda dan sahabat terus langgeng ya!

Baca juga: Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan dan Cinta