Macam-macam Genre Musik Jazz

Macam-macam Genre Musik Jazz
musik jazz
Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa yang namanya musik di dunia ini banyak sekali jenis genrenya. Dari sekian banyak jenis genre musik di dunia, salah satunya adalah genre musik jazz.
Memang genre musik jazz ini bukan dari Indonesia, namun banyak juga para pecinta musik Indonesia yang menggandrungi jenis musik yang satu ini. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan mengupas tentang beberapa macam genre musik jazz sebagai berikut:

1. Ragtime

Asal muasal musik jazz, merupakan jenis musik yang menyerupai musik Afrika dengan beat dan tone yang menyerupai musik tersebut. 
Selain itu, ciri-ciri dari yang dapat dikenali dari ragtime adalah vibrant, enthusiatic, dan extemporaneou. Untuk tokoh-tokoh dari ragtime, antara lain Scott Joplin dan Ben Harney.

2. Swing

Pada tahun 1930-an, merupakan awal tahun bagi aliran musik swing. Untuk aliran musik ini, mempunyai karakteristik utama yaitu robust and invigorating. Selain itu, swing juga sering dikatakan sebagai musik dance. 
Walaupun bermain secara kolektif, sebuah band swing dapat menunjukkan performa solo untuk mengimprovisasi melodi utamanya. Musik swing ini, memiliki tokohnya yang banyak dan sering dijuluki sebagai The King of swing yaitu Benny Goodman.

3. Acid Jazz

Acid jazz sering dikatakan, bahwa jenis musik ini bukanlah genre musik jazz. Dikarenakan, bahwa jenis musik ini mempunyai ketertarikan yang lemah dengan sejarah musik jazz. 
Jenis musik ini, pada awalnya merupakan musik dance british. Yang kemudian dikombinasikan dengan musik klasik jazz seperti Funk 70-an, Hip-hop, Soul dan musik latin yang dimana difokuskan dalam musik instrumen dan bukan lirik. 
Sehingga, akhirnya menghasilkan musik yang kaya dengan improvisasi musik yang mempunyai kesan “campur baru”.

4. European Jazz

Pada akhir abad 20, musik jazz Perancis dan negara-negara Skandinavia merasa bahwa ekspresi musik jazz Amerika telah kehilangan rasanya pada zaman tersebut. Sehingga, itulah awal mereka menciptakan style baru yaitu European Jazz. 
Seperti Acis Jazz, European Jazz berakal pada musik dance dan mengkombinasikan dengan elemen-elemen house musik (musik disco dengan basic funk). 
Tentunya suara yang dihasilkan lebih bernuansa digital dan elektronikal dan terasa kontemporer, tokoh dari musik ini antara lain Bugge Wesseltoft, Nils Petter Molvaer, dan Martial Solal.

5. Afro-Cuban Jazz

Jenis musik ini sering disebut dengan nama Latin Jazz, yang merupakan kombinasi dari improvisasi jazz dan rhytm musik latin. Untuk instrumen musik ini, menggunakan instrumen yang sama dengan pada musik jazz pada umumnya. 
Tetapi, jenis musik ini lebih berpusat pada rhytm section dan instrumen conga, timbale, bongo dan instrumen latin lainnya. Tokoh jenis musik ini antara lain Arturo Snadoval, Poncho Sanchez, dan Chocho Valdes. 
Itulah beberapa jenis music jazz, yang mungkin saja ulasan diatas tadi bisa menjadi inspirasi. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Beritaterbuka.com.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *