Budidaya Yang Berkembang Di Indonesia

Budidaya Yang Berkembang Di Indonesia

Budidaya Yang Berkembang Di Indonesia

Menjalankan bisnis budidaya merupakan salah satu usaha yang memiliki keuntungan bergejolak, biasanya naik sehingga bisa mendapatkan banyak keuntungan, dan biasanya menurun drastis sehingga kurang meraup keuntungan. Budidaya dapat diartikan sebagai menggandakan atau memperbanyak sumber daya yang bisa kita mengambil keuntungan di dalamnya. Banyak sekali bisnis usaha budidaya yang berkembang di Indonesia, apalagi Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan alam yang dapat di kelola. Dengan mempertimbangkan kondisi alam dan nilai pasar, maka anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis budidaya. Berikut ini budidaya yang berkembang di Indonesia ?

  1. Ikan air tawar

Banyak dari masyarakat di Indonesia yang menjadikan budidaya ikan air tawar sebagai mata pencaharian, karena memiliki keuntungan omset yang besar. Di sisi lain ikan air tawar sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Bisa kita perhatikan di semua pasar, tidak ada yang tidak menyediakan ikan air tawar. Beberapa ikan air tawar yang di budidayakan di Indonesia seperti ikan lele, ikan patin, ikan gurame, ikan mas dan masih banyak lagi.


  1. Tambak

Tambak merupakan sektor budidaya ikan yang banyak di temui di sekitar pantai, biasanya tambak digunakan untuk membudidayakan ikan air asin yang langsung menggunakan air laut sebagai media tempat tinggal ikan. Tapi  Beberapa tambak biasanya terletak di luar pantai, dan menggunakan air campuran yaitu asin dan tawar untuk membudidayakan ikan air payau. Ikan air payau yang dibudidayakan menggunkan tambak seperti bandeng, bawal, kakap, dan nila.


  1. Ternak Ayam 

Tidak diragukan lagi beternak unggas merupakan usaha yang dapat menghasilkan banyak keuntungan. Walaupun beberapa hari belakangan ini para peternak yang diahadapkan dengan masalah pakan ternak yang mahal. Selain dari ikan air tawar, daging dan telur ayam juga menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Beberapa keuntungan yang bisa kita ambil dari beternak ayam diantaranya daging, telur, serta bulu dan kotoran yang juga bisa menjadi keuntungan tersendiri.


  1. Ikan hias

Indonesia memiliki kekayaan perairan yang melimpah. Selain dari ikan yang kita konsumsi sehari – hari, membudidayakan ikan hias juga banyak mendatangkan keuntungan. Budidaya ikan hias memiliki cara yang berbeda dengan ikan konsumsi, bisa terbilang lebih susah. Budidaya ikan hias merupakan sektor usaha yang cukup berkembang di Indonesia. Beberapa ikan hias diantaranya, ikan cupang, guppy, ikan mas, ikan arwana, dan masih banyak lagi lainya.


  1. Pertanian

Indonesia merupakan negra agraris, yang sebagian dari penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Tak mengherankan pertanian dan perkebunan menjadi salah satu bisnis usaha yang berkembang di Indonesia. Selain padi, masih banyak lagi tanaman yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti cabe, kelapa, jagung, tomat dan lain – lain.


  1. Bunga Krisan

Satu lagi budidaya yang memiliki banyak keuntungan, yaitu bunga krisan. Merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan banyak pilihan warna yang cantik dan terkandung filosofi di setiap petikan. Bunga krisan kini mulai banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia karena mudah untuk di tanam dan memiliki harga yang cukup mahal.


BACA JUGA : 5 Jenis Bisnis Online dengan Modal Kecil Namun Pendapatannya Menggiurkan


  1. Tanaman hidroponik

Hidroponik adalah membudidayakan tanaman tanpa menggunakan tanah, hanya menggunakan media pot dan air, tanaman hidroponik tergolong ke tanaman yang bebas pestisida. Beberapa tanaman atau sayuran yang bisa di tanam menggunakan teknik hidroponik seperti cabai, kangkung, selada, tomat, dan lain – lain.

Itulah bisnis budidaya yang berkembang di Indonesia. Mengikuti alur bisnis yang sudah berkembang akan lebih menguntungkan.


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *