Urutan Nonton Film dan Serial Star Wars, Sesuai Timeline!

Urutan Nonton Film dan Serial Star Wars, Sesuai Timeline!

sumber : New York Times

“Star Wars” adalah salah satu waralaba film paling ikonik dalam sejarah perfilman. Dengan begitu banyak film dan episode yang telah dirilis sejak pertama kali muncul pada tahun 1977, menonton “Star Wars” bisa menjadi tugas yang menantang. Untuk membantu Anda menavigasi alur cerita yang kompleks, berikut adalah panduan urutan nonton film “Star Wars.”

Urutan Nonton Film Star Wars

Penyusunan urutan nonton film “Star Wars” bisa menjadi tantangan, terutama bagi pemula yang ingin mengeksplorasi waralaba ini. Waralaba ini terdiri dari dua trilogi utama, yaitu trilogi prekuel dan trilogi orisinal. Trilogi prekuel mencakup Episode I: The Phantom Menace (1999), Episode II: Attack of the Clones (2002), dan Episode III: Revenge of the Sith (2005).

Sementara trilogi orisinal terdiri dari Episode IV: A New Hope (1977), Episode V: The Empire Strikes Back (1980), dan Episode VI: Return of the Jedi (1983). Bagi pemula, terdapat dua pendekatan utama untuk menentukan urutan nonton: urutan berdasarkan tahun rilis atau urutan kronologis berdasarkan cerita.

Di sisi lain, urutan kronologis berdasarkan cerita memberikan pengalaman yang lebih mendalam, tetapi bisa membingungkan karena tidak mengikuti urutan rilis. Urutan kronologis adalah:

1. Episode I: The Phantom Menace (1999)

“Episode I: The Phantom Menace” (1999) adalah film pertama dalam trilogi prekuel “Star Wars.” Disutradarai oleh George Lucas, film ini membawa penonton kembali ke Galaksi Star Wars, berlatar waktu sebelum peristiwa yang terjadi dalam trilogi orisinal.

sumber : Movie Meter

Cerita dimulai dengan ancaman terhadap Republik Galaksi oleh Sith yang misterius. Jedi Master Qui-Gon Jinn dan padawannya Obi-Wan Kenobi terlibat dalam pertarungan melawan Darth Maul, seorang Sith Lord yang memegang kunci peristiwa mendatang.

2. Episode II: Attack of the Clones (2002)

“Episode II: Attack of the Clones” (2002) adalah film kedua dalam trilogi prekuel “Star Wars.” Cerita dimulai sepuluh tahun setelah peristiwa Episode I. Galaksi menghadapi ancaman perpecahan, dan kelompok Separatis yang dipimpin oleh Count Dooku memperkuat posisinya. Jedi Master Obi-Wan Kenobi dan padawannya Anakin Skywalker ditugaskan untuk melindungi Padmé Amidala, yang menjadi target serangan.

3. Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Urutan nonton film Star Wars selanjutnya adalah “Episode III: Revenge of the Sith” (2005) adalah film penutup dalam trilogi prekuel “Star Wars.” Disutradarai oleh George Lucas, film ini menggambarkan kejatuhan Anakin Skywalker dan kebangkitan Kekaisaran Galaksi yang dipimpin oleh Darth Sidious.

4. Solo: A Star Wars Story (2018)

“Solo: A Star Wars Story” (2018) adalah film spin-off dalam waralaba “Star Wars” yang mengisahkan kisah asal-usul Han Solo, salah satu karakter paling ikonik dalam dunia “Star Wars.” Disutradarai oleh Ron Howard, film ini menyajikan petualangan Han Solo dan berbagai elemen yang membentuk karakternya.

5. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Rogue One: A Star Wars Story” (2016) berkisar pada Jyn Erso, putri seorang ilmuwan yang terlibat dalam pembuatan Death Star, sebuah senjata kehancuran massal. Setelah ditangkap oleh Kekaisaran Galaksi, Jyn bergabung dengan kelompok pemberontak yang dipimpin oleh Cassian Andor untuk mencuri rencana Death Star yang berisi kelemahan rahasia senjata tersebut.

BACA JUGA : 7 Film Adventure yang Membawa Keajaiban Baru

6. Episode IV: A New Hope (1977)

sumber : IMDb

“Episode IV: A New Hope” (1977) dimulai dengan petualangan Luke Skywalker, seorang petani muda yang tinggal di planet gurun Tatooine. Saat ia menemukan pesan tersembunyi dalam droid R2-D2 yang merujuk pada seorang wanita bernama Leia Organa, Luke tanpa sengaja terlibat dalam perjuangan antara Aliansi Pemberontak dan Kekaisaran Galaksi.

7. Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

“Episode V: The Empire Strikes Back” (1980) adalah sekuel yang berlanjut dengan Aliansi Pemberontak yang berjuang melawan Kekaisaran Galaksi setelah kehancuran Death Star. Pertempuran semakin berat, dan karakter-karakter utama seperti Luke Skywalker, Princess Leia, dan Han Solo dihadapkan pada ujian berat. Darth Vader, Sith Lord yang ikonik.

8. Episode VI: Return of the Jedi (1983)

“Episode VI: Return of the Jedi” (1983) adalah film penutup dari trilogi orisinal “Star Wars.” Disutradarai oleh Richard Marquand dengan produksi oleh George Lucas, film ini membawa klimaks untuk kisah perjuangan Aliansi Pemberontak melawan Kekaisaran Galaksi.

9. The Mandalorian (2019-sekarang)

“The Mandalorian” adalah seri televisi yang menjadi bagian dari ekspansi waralaba “Star Wars” di platform streaming Disney+. Seri ini diciptakan oleh Jon Favreau dan mengikuti petualangan seorang bounty hunter Mandalorian yang tidak bernama, dikenal sebagai Mando.

sumber : Dan of Geek

10. The Book of Boba Fett (2021-2022)

“The Book of Boba Fett” (2021-2022) adalah seri televisi “Star Wars” yang berfokus pada karakter Boba Fett, seorang pemburu hadiah dan prajurit yang muncul dalam trilogi orisinal. Seri ini merupakan spin-off dari “The Mandalorian” dan diciptakan oleh Jon Favreau dan Dave Filoni.

11. Obi-Wan Kenobi (2022)

“Obi-Wan Kenobi” (2022) adalah seri televisi yang menjadi bagian dari ekspansi waralaba “Star Wars” di platform streaming Disney+. Seri ini menyoroti karakter legendaris Obi-Wan Kenobi, dengan Ewan McGregor kembali memerankan peran ikoniknya.

12. Andor (2022-sekarang)

“Andor” adalah seri televisi “Star Wars” yang memberikan fokus pada karakter Cassian Andor, yang sebelumnya diperkenalkan dalam film “Rogue One: A Star Wars Story.” Seri ini menggali lebih dalam ke dalam latar belakang dan petualangan agen pemberontak yang berdedikasi ini.

sumber : Variety

13. Ahsoka (2023)

“Ahsoka” (2023) adalah seri televisi “Star Wars” yang akan menyoroti karakter Ahsoka Tano, mantan murid Jedi Anakin Skywalker yang menjadi salah satu karakter yang paling dicintai dalam waralaba ini. Seri ini akan menjadi pengembangan lebih lanjut dari perjalanan Ahsoka setelah meninggalkan Ordo Jedi.

14. The Acolyte (2023)

“The Acolyte” (2023) adalah seri televisi “Star Wars” yang ditujukan untuk menyelidiki sisi gelap Kekuatan, kekuatan misterius dalam waralaba ini. Dengan fokus pada kekuatan gelap yang belum terungkap sepenuhnya, seri ini menjanjikan penggalian mendalam ke dalam aspek-aspek yang lebih gelap dan misterius dari alam semesta “Star Wars.”

Dengan mengikuti urutan nonton ini, Anda dapat mengeksplorasi cerita “Star Wars” dari awal hingga akhir dengan cara yang lebih kohesif. Jangan lupa untuk menikmati perjalanan epik ini dan may the Force be with you!

BACA JUGA : Berikut Urutan Menonton Film Harry Potter

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *