Beragam Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Beritaterbuka.com – Banyak yang beranggapan bahwa matahari di pagi hari itu merupakan yang paling cocok untuk berjemur.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, banyak dari mereka yang meyakini bahwa cara berjemur di pagi hari itu bisa mendapatkan vitamin D secara alami.

Namun, ada sebagian peneliti yang justru menyarankan kita untuk berjemur di siang hari lho. Alhasil, hal tersebut pun memicu pro dan kontra.

Pada umumnya, WHO mengelompokan indek UV menjadi 1 โ€“ 10 yang merupakan kadar UV paling rendah (jam 09.00 โ€“ 10.00 pagi).

Sedangkan kadar UV yang paling tinggi itu ada diatas jam 10.00 pagi. Dengan kata lain ketika indeks UV rendah, maka kadar UV rendah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan manfaat dari berjemur di bawah sinar matahari agar menghasilkan vitamin D secara maksimal.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat berjemur di pagi hari, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Bisa Menyembuhkan Berbagai Masalah Kulit

Manfaat pertama dari berjemur di pagi hari, yakni dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit. Ya, masalah kulit tersebut diantaranya seperti psoriasis, eksim, penyakit kuning, jerawat, iritasi, dan infeksi kulit lainnya.

Guna mencegah efek samping negatif dari radiasi sinar UV dan memastikan manfaat yang didapat lebih besar ketimbang risikonya, lebih baik para penderita penyakit kulit ini berkonsultasi dulu dengan dokter, sebelum memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berjemur di bawah sinar matahari pagi diyakini mampu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak dimalam hari.

Pasalnya saat mata kita terkena sinar matahari, maka akan ada sebuah pesan yang dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin (hormone yang dapat menciptakan rasa ngantuk).

3. Mengurangi Depresi Ringan

Tahukah kamu? Bahwa tubuh yang jarang terkena paparan sinar matahari itu rentan terhadap kondisi gangguan yang bernama SAD (Seasonal Affective Disorder).

SAD ini merupakan sebuah depresi umum ringan yang biasa terjadi pada kebanyakan orang di waktu pagi saat jam-jam kerja.

Itu sebabnya, mengapa berjemur di pagi hari sangatlah penting untuk mengurangi rasa stress. Hal itu juga dikrenakan sinar matahari bisa memicu otak untuk mengeluarkan hormone serotonim, dimana hormone tersebut berfungsi untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: 6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

4. Memperkuat Kesehatan Tulang

Inilah yang menjadi alasan, mengapa para lansia sangat sekali dengan kegiatan berjemur di pagi hari. Berdasarkan dari hasil penelitian, sinar matahari dapat memproduksi vitamin D pada tubuh manusia yang berfungsi untuk merangsang penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Tak hanya memproduksi vitamin D, ternyata tubuh yang berjemur di pagi hari juga bisa memproduksi vitamin D3 yang berfungsi untuk mengatur penyerapan kalsium lho. 

5. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat berikutnya dari berjemur di pagi hari, yakni dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Dengan meingkatnya imun tubuh, tentu saja akan membuat kita tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Pasalnya, system imun tersebutlah yang berperan aktif dalam memerani dan melawan virus pembawa penyakit. Terlebih ditengah-tengah pandemic covid-19 seperti sekarang ini, yang mengharuskan kita untuk memiliki system imun tubuh yang bagus.

Itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *