5 Tips Cara Merawat Lansia di Rumah Selama Terjadinya Pandemi Covid-19

5 Tips Cara Merawat Lansia di Rumah Selama Terjadinya Pandemi Covid-19

Khawatir Lansia Akan Terkena Covid-19? Lakukan 5 Tips Cara Merawat Lansia di Rumah Ini

    Tips cara merawat lansia di rumah dalam pembahasan ini bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan para lansia. Sejak tahun 2020, terjadinya pandemi Covid-19 kian meningkat, hingga merenggut nyawa banyak orang. Oleh karena itu, setiap orang dihimbau untuk tetap berada di rumah dan menjaga diri serta keluarga agar selalu sehat dan tidak tertular Covid-19.

    Setiap orang, terutama lansia, perlu mendapatkan perawatan dari anak ataupun anggota keluarga lainnya agar tidak mudah jatuh sakit. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk merawat lansia di rumah agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Lansia dan Keluarga

Tips Cara Merawat Lansia di Rumah

Menjaga kesehatan di tengah terjadinya pandemi Covid-19 sangat penting, terutama bagi lansia yang mudah rentan terkena penyakit. Anda bisa membantu menjaga kesehatan lansia dengan memberikan asupan makanan sehat, seperti: 

  • Vitamin

  • Mineral

  • Protein

  • Lemak baik

  • Serat

  • Karbohidrat kompleks

Selain kesehatan lansia, kesehatan keluarga pun perlu diperhatikan juga, karena penyebaran virus corona sangat cepat. Jadi, Anda bisa ikut terapkan gaya hidup sehat dengan lansia mulai dari konsumsi makanan sehat, latihan fisik ringan, hingga rutin memeriksa kondisi tubuh.

2. Mengurangi Risiko Terpapar Virus Corona

Tips Cara Merawat Lansia di Rumah

Virus corona yang sangat mudah tertular sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun lansia. Anda perlu menerapkan cara mengurangi risiko terpapar virus corona bersama dengan lansia, mulai dari cuci tangan sebelum atau sudah melakukan aktivitas.

Jika Anda ada keperluan mendesak keluar, setiba sampai rumah harus membersihkan diri, seperti mengganti baju ataupun mandi. Gunakan masker saat di rumah bila dibutuhkan atau keluar rumah tanpa dilepas saat bertemu orang lain, serta bersihkan barang-barang di rumah.

3. Kurangi Intensitas Ke Luar Rumah

Tips Cara Merawat Lansia di Rumah

Sebaik-baiknya menjaga kesehatan diri dan lansia di tengah pandemi Covid-19 yaitu bertahan di dalam rumah, jika tidak ada keperluan penting. Dengan mengurangi intensitas ke luar rumah, maka kemungkinan kecil membawa virus corona ke dalam rumah.

Jika lansia memiliki penyakit tertentu yang sedang dialami, maka bisa lakukan konsultasi secara online untuk sementara waktu. Pastikan Anda mengingatkan lansia untuk selalu meminum obat secara rutin yang sudah sesuai dengan anjuran dokter saat kontrol.

4. Menerapkan Physical Distancing di Rumah

Cara Merawat Orang Lanjut Usia

Dari awal tersebarnya virus corona, kita perlu menerapkan physical distancing agar memperlambat penyebaran virus dari setiap orang. Anda perlu membatasi kunjungan dari orang-orang yang tidak memiliki kepentingan, agar tidak menyebarkan virus ke dalam rumah.

Begitu juga interaksi Anda dengan lansia, Anda bisa menjaga jarak agar lebih aman saat bersosialisasi. Tetapi, pastikan jangan terlalu berlebihan, agar lansia tidak salah paham saat menjaga jarak, Anda perlu ajak komunikasi secara rutin sehingga suasana hatinya pun terjaga.

5. Ajarkan Aktivitas yang Asyik di Rumah

Cara Merawat Orang Lanjut Usia

Berada di rumah selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun akan membuat Anda dan lansia merasa bosan. Untuk mengusir rasa bosan tersebut, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang asyik di dalam rumah.

Anda bisa ajarkan lansia cara menggunakan gadget yang benar, seperti menonton video, film, atau mendengarkan lagu kesukaan mereka. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti merawat tanaman, melukis, hingga merajut.

Itulah ulasan mengenai tips cara merawat lansia di rumah selama pandemi Covid-19 tengah terjadi saat ini agar selalu sehat. Apakah Anda sudah memahami cara merawat lansia di rumah?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *