Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beritaterbuka.com – Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Rasanya yang manis dan enak, baik dikonsumsi secara langsung, di jus atau diolah terlebih dahulu. membuat banyak orang menyukainya.

Selain itu, buah pepaya ini juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, mineral dan enzim yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan diet. Bukan hanya buahnya, namun daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan banyak manfaatnya.

Memang rasa dari daun pepaya ini agak pahit saat dikonsumsi. Namun, di balik rasanya yang pahit itu ternyata daun pepaya banyak mengandung zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya adalah vitamin B1, A dan C. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan gizi yang cukup seperti vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Bukan hanya itu, daun pepaya juga mengandung zat papain tinggi sehingga menjadikan rasanya yang pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik, yakni bisa meningkatkan nafsu makan.

Lalu apa manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

1. Dapat Mengobati Jerawat

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mengobati jerawat. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh hormon.

Jika anda sudah mengobati jerawat namun tidak kunjung sembuh juga, cobalah obati dengan menggunakan daun pepaya ini.

Caranya adalah dengan membuat masker wajah dari daun pepaya. Pertama-tama campur daun pepaya dan air dalam blender hingga membentuk pasta. Lalu oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

2. Dapat Menyehatkan Rambut

Pepaya ini seringkali digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Bukan hanya buahnya, namun daun pepaya juga bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada shampo.

Daun pepaya ini sangat berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada daun pepaya mampu menguatkan rambut sampai ke dalam kulit kepala.

Dalam hal ini, kandungan Magnesium  yang ada pada daun pepaya ini bisa membantu mengurangi kerontokan dan menguatkan rambur.

Sehingga tidak aneh, kalau banyak produk perawatan rambut yang menambahkan ekstrak daun pepaya dalam produknya.

3. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah untuk menguatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung phytonutrien.

Dimana, kandungan phytonutrien dalam daun pepaya ini dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seperti kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi dan infeksi perut.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ternyata daun pepaya juga dapat mengontrol tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi daun pepaya yang direbus.

Caranya adalah, ambil 5 lembar daun pepaya, lalu rebus dengan setengah liter air. Kemudian biarkan air menguap hingga tinggal sekitar ¾.

Sesudah dingin, minumlah. Anda juga bisa menambahkan gula merah atau madu jika terasa sangat pahit.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pepaya ini kaya akan kandungan vitamin A, C dan E yang merupakan kandungan terbaik yang mampu menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya.

Caranya adalah dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal/jamu.

Itulah manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu dan bermanfaat untukmu ya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *