6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Beritaterbuka.com – Kunyit putih yang memiliki nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria ini merupakan jenis tanaman rempah yang hampir kesemua bagiannya itu seperti akar, minyak, dan daunnya itu bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Karakteristik yang dimiliki kunyit putih sedikit berbeda dengan kunyit orange. Dimana tekstur dagingnya itu lebih lunak dan rasanya cenderung mirip dengan jahe, tetapi diakhirnya meninggalkan jejak rasa getir.

Di dalam dunia pengobatan, kunyit putih sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Lalu manfaat kunyit putih untuk kesehatan itu apa saja ya? Berikut dibawah ini 6 manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu:

1. Obat Alergi Alami

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai antialergi, dan sudah terbukti dapat membantu mengatasi gejala alergi pada kulit.

Kunyit putih yang berfungsi sebagai obat antialergi ini akan bekerja seperti layaknya antihistamin yang dapat membantu menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin yaitu zat kimia yang dapat memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba Dan Antijamur 

Dikutip dari Journal of Pharmacy and Pharnacology, jika kunyit putih cukup baik sifat antimikroba dan antijamur yang dimilikinya.

Ekstrak kunyit putih ini terbukti ampuh bisa melawan beberapa spesies bakteri penyebab seperti E.

Coli, bakteri penyebab berbagai masalah pencernaan, Staphylococcus Aureus, bakteri penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomyelitis.

Kunyit putih untuk kesehatan dapat melawan infeksi jamur seperti Candida dan Aspergillus, serta dapat menghambat aktivitas berbagai jamur lainnya pada tubuh manusia.

Selain itu juga kunyit putih dapat membantu mengurangi jumlah bakteri jahat dimulut, dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur yang banyak ditemukan di pasaran.

3. Mencegah Kanker

Meski keefektifan mengatasi kanker itu masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut, tetapi ternyata kunyit putih mengandung zat RIP atau Ribosom Inacting Protein yang dipercaya mampu dapat mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker didalam tubuh, tanpa harus merusak sel disekitarnya.

Menurut Journal of Pharmacy and Pharnacology, kunyit putih juga dipercaya dapat menghambat metastasis kanker dari sebuah organ ke organ tubuh lainnya.

Baca juga: Resep Doclang Makanan Khas Bogor yang Enak dan Lezat

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari sejak dulu kunyit putih didalam dunia pengobatan tradisional dipercaya ampuh dapat mengatasi masalah pencernaan, dan khasiat ini tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya kunyit putih mengandung minyak esensial yang cukup bermanfaat untuk mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Tepung dari akar kunyit putih juga dipercaya dapat mengurangi jumlah dan tingkat keasaman cairan lambung, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhlan tukak lambung.

5. Penawar Bisa Ular

Ekstrak kunyit putih juga bisa kamu manfaatkan sebagai pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar dan penghambat aktivitas racun ular didalam tubuh.

6. Meringkan Rasa Sakit 

Kunyit putih juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dialami. Hal tersebut karena adanya sifat analgesic yang terkandung didalam kunyit putih.

Memang tidak akan ada dampak buruk bagi kesehatan dari mengkonsumsi kunyit putih ini, tetapi terkhusus untuk para ibu hamil dan menyusui, sebaiknya saat akan mengkonsumsi kunyit putih ini harus mengikuti petunjuk tim medis atau dokter.

Itulah 6 manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh. Ternyata kunyit putih ini meski warna dan kandungan yang ada didalamnya berbeda dengan kunyit putih, tetapi sama sama menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *