7 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

7 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

Beritaterbuka.com – Keputihan merupakan hal wajar dan alami yang bisa terjadi pada seorang wanita.

Ketika anda mengalami keputihan bisa jadi itu merupakan masa subur anda atau sebagai cara alami tubuh menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan.

Pada saat wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi oleh kelenjar dari vagina dan leher rahim ini akan keluar membawa sel yang sudah mati dan juga bakteri. Mekanisme alami ini terjadi agar kesehatan vagina tetap terlindungi dari infeksi.

Namun, banyak wanita khawatiran dengan dampak keputihan yang bisa muncul seperti gatal, dan berbau. Lakukan cara mengatasi keputihan berikut agar organ kewanitaan anda tetap bersih dan sehat.

Lalu bagaimana cara mengatasi keputihan ini? Nah, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara mengatasi keputihan secara alami sebagai berikut:

1. Rutin ganti celana dalam

Umumnya wanita disarankan untuk mengganti celna dalam minimal dua kali sehari. Namun ketika sedang mengalami keputihan atau sedang banyak kegiiatan yang menyebabkan berkeringat, alangkah baiknya sering mengganti celana dalam untuk menjaga miss v tetap kering. Gunakan celana dalam berbahan katun agar bisa menyerap keringat.

2. Mengkonsumsi yoghurt

Cara mengatasi keputihan alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Yoghurt merupakan makanan probiotik yang mengandung bakteri baik utnuk tubuh.

Dalam jurnal penelitian terbitan Journal of Antimicrobial Chemotherapy mengatakan bahwa kandungan probiotik pada yoghurt ternyata bisa mengembalikan keseimbangan bakteri dan jamur pada miss V.

3. Biji fenugreek

Nama fenugreek pasti terdegar asing ditelinga, namun benda ini ternyata bisa digunakan sebagai cara mengatasi keputihan.

Biji fenugreek dapat meningkatkan jumlah pH pada mss V. Cukup rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air hangat selama seharian penuh. Saring airnya kemudian minum segelas setiap hari.

Baca juga: Rekomendasi 5 Situs Download Film Terbaik di Tahun 2020



4. Delima kering

Berbagai bagian dari buah delima ternyata bisa digunkan untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya kulit delima yang sudah dikeringkan ternyata bisa digunakan untuk mengatasi keputihan.

Cukup merebus 30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto dengan 600 cc air. Kemudian saring dan minum airnya secara teratur 2 kali sehari.

5. Lidah buaya

Lidah buaya mampu meredam jaringan rahim unutk mencegah keluarnya cairan yang tidak normal dari miss V. Caranya cukup blender lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya, kemudian rebus bersama daun sambiloto kemudian minum airnya sebanyak dua kali sehari.

6. Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih

Daun sirih sangat dikenal bisa mengatasi keputihan bagi kaum hawa. Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi beberapa masalah keputihan.

Adapun caranya adalah sebagai berikut: Rebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air dengan api kecil hinga mendidih dan airnya tersisa satu gelas. Minum air rebusan daun sirih ini dua hari sekali atau tiga hari sekali

7. Bersihkan organ kewanitaan dengan sirih

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk memebersihkan organ kewanitaan. Cukup rebus daun sirih dan diamkan hingga dingin lalu gunakan air rebusan itu untuk membersihkan organ intim. Namun, cara ini hanya boleh kamu lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan, termasuk sepeti cara-cara yang di atas.  Namun, saat keputihan terus berlanjut, anda bisa langsung menghubungi dokter.

Baca juga: Hati-Hati iPhone Palsu, Berikut Cara Membedakannya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *