Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Inilah 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Beritaterbuka.com – Menjadi kewajiban bagi seorang ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat selama masa kehamilan. Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang kaya akan asupan nutrisi.

Dibalik kesederahannya ternyata didalam kacang hijau ini terkandung sejumlah manfaat yang baik untuk ibu hamil.

Pasalnya adanya sejumlah nutrisi penting terkandung didalam kacang hijau seperti asam folat, zat besi, dan thiamin.

Ketiga kandugan nutrisi didalam kacang hijau tersebut sangat dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilannya.

Ketika terpenuhinya asupan nutrisi maka akan dapat sangat membantu meningkatkan tumbuh kembang janin

 Tetapi tidak hanya itu saja karena kacang hijau ini juga akan memberikan banyak manfaat lainnya untuk ibu hamil.

Lalu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil itu apa saja ya? Berikut dibawah ini 5 manfaat kacang hijau untuk ibu hamil diantaranya yaitu :

1. Asam Folat Dan B12 – Mencegah Anemia 

Sangat berbahaya bagi ibu hamil mengalami anemia selama masa kehamilannya, pasalnya hal tersebut dapat meningkatkan resiko keguguran dan terjadinya pendarahan saat persalinan. Salah satu cara untuk mengatasi.

Anemia pada ibu hamil ini adalah dengan mengkonsumsi kacang hijau. Pasalnya adanya sejumlah nutrisi penting didalam kacang hijau seperi asam folat dan B12 yang dapat membantu mencegah anemia. Tidak hanya itu saja, kacang hijau juga dapat membantu proses pembentukan hemoglobin.

2. Vitamin K, Zat Besi, Kalsium – Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan Vitamin K didalam kacang hijau dapat membantu menjaga ketahanan tulang dan memperkuat kuat untuk ibu dan janin.

Selain itu juga didalam 100 gram kacang hijau terkandung sekitar 1,4 mg zat besi. Kacang hijau juga mengandung kalsium yang berperan penting didalam tumbuh kembang tulang janin.

Ibu yang rutin mengkonsumsi kacang hijau akan terhindar dari resiko terkena gangguan osteoporosis.

Baca juga: Rekomendasi 5 Situs Download Film Terbaik di Tahun 2020

3. Serat – Menjaga Sistem Pencernaan 

Pada periode tertentu sebagai besar ibu hamil cenderung akan mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit. Untuk mengatasi masalah pencernaan ini, ibu hamil harus rutin mengkonsumsi kacang hijau.

Hal tersebut dikarenakan kacang hijau merupakan sumber serat yang sangat bagus bagi pencernaan. Tetapi tidak hanya itu saja, karena kacang hijau juga dapat membantu mencegah dan mengatasi gangguan lainnya seperti diverticulosis dan haemorrhoids.

Dan yang perlu diingat adalah kandungan nutrisi didalam kacang hijau juga sangat baik untuk janin.

4. Thiamin Atau Vitamin B1 – Menjaga Kesehatan Saraf 

Didalam 100 gram kacang hijau terkandung setidaknya 0,164 mg thiamin. Thiamin ini sering juga disebut dengan Vitamin B1. Vitamin B1 inilah yang berperan penting merubah karbohidrat menjadi energi.

Tetapi tidak hanya itu karena thiamin ini juga dapat meningkatkan sistem saraf, fungsi otot, dan laju kerja jantung.

5. Mengatasi morning sickness

Kacang hijau juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari gangguan pencernaan dan berkurangnya rasa mual yang sering dialaminya diawal masa kehamilannya.

Pasalnya adanya kandungan Vitamin B1 dan B2 yang cukup tinggi didalam kacang hijau. Selain itu Vitamin B1 dan B2 tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk janin seperti dapat mengoptimalkan perkembangan otak, sistem saraf, dan jantung.

Selain itu masih ada nutrisi lain didalam kacang hijau yang bermanfaat bagi ibu hamil seperti dapat menjaga kesehatan jantung, karena kacang hijau memiliki kadar lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Bisa Anda Coba

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *