Beritaterbuka.com – Mungkin sekarang ini anda sedang memprogramkan kehamilan ya? Sebenarnya hal yang paling utama yang harus segera anda lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat.

Hal ini dikarenakan kesuburan wanita dan kemungkinannya untuk hamil akan meningkat jika tubuh dalam kondisi sehat.

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika sekitar 84% pasangan akan hamil dalam setahun pertama, jika berhubungan intim secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi.

Apabila kehamilan tidak terjadi di tahun pertama, maka 50%-nya akan hamil pada tahun kedua. Namun semua itu memiliki hubungan dengan tingkat kesuburan seorang wanita.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan wanita tersebut? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini membahas tentang cara meningkatkan kesuburan wanita sebagai berikut :

1. Perhatikan Pola Makan dan Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda makan sehari-hari bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan kesuburan.

Apabila anda tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka anda bisa mengonsumsi suplemen guna membantu memenuhi nutrisi tersebut.

Memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga dapat menganggu siklus menstruasi yang akhirnya bisa mengganggu kesuburan.

2. Mengonsumsi Asam Folat

Cara berikutnya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah dengan mengonsumsi asam folat. Karena asam folat ini bukan hanya baik untuk perkembangan saraf janin saja, namun juga untuk meningkatkan kesuburan.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa jika asam folat bisa dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi.

Untuk mendapatkan kandungan asam folat ini, anda bisa menemukannya dari makanan jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya.

Dalam hal ini, sebaiknya anda mengonsumsi asam folat dengan jumlah konsumsi 400 mikrogram sehari.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami Yang Bisa Anda Coba


3. Hindari Kafein, Alkohol, dan Rokok

Apabila anda mengonsumsi kopi lebih dari lima gelas sehari maka itu setara dengan 500 mg kafein dan bisa berakibat menurunkan kesuburan.

Karena konsumsi kafein yang masih bisa ditoleri maksimum 200 mg per hari. Sedangkan mengonsumsi alkohol dua gelas sehari juga bisa menurunkan kesuburan sebesar 60%.

Selain itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko kelainan pada janin. Bukan hanya itu, merokok juga bisa memberikan dampak negatif bagi kesuburan wanita.

Karena rokok ini bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Oleh karena itu maka sebaiknya anda berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil.

4. Lakukan Hubungan Intim Secara Teratur dan Memahami Siklus Haid

Dalam hal ini, disarankan frekuensi melakukan hubungan sex sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Karena jika terlalu sering atau terlalu jarang melakukan hubungan sex bisa berpengaruh pada kualitas sperma.

Selain itu, sebaiknya melakukan hubungan sex dimulai di hari ke sembilan siklus haid atau 14 hari sebelum haid hari pertama karena puncak masa subur. Sehingga pada masa ini, seseorang yang melakukan hubungan sex akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk hamil.

Jika anda sudah melakukan hubungan sex selama satu tahun di masa subur dan berusia dibawah 35 tahun, dan belum mengalami kehamilan maka sebaiknya anda segera menghubungi dokter karena dikhawatirkan anda memiliki masalah kesehatan.

Itulah cara meningkatkan kesuburan wanita. Mungkin itu saja artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya, khususnya bagi anda yang ingin cepat hamil.