Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Beritaterbuka.com – Tidak bisa dipungkiri jika minyak zaitun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, dan hal ini tidak bisa dianggap sepele.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya itu minyak zaitun sudah digunakan didalam berbagai campuran seperti makanan hingga produk kecantikan.

Minyak zaitun memang dapat mendukung kesehatan tubuh berkat kandungan vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan juga lemak tak jenuh), phenolic, dan juga zat besi didalamnya.

Manfaat minyak zaitun ini bisa dijadikan sebagai pengganti minyak kelapa ataupun minyak minyak yang tinggi kadar lemak jenuhnya.

Minyak zaitun bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan berkat berbagain kandungan didalamnya. Bahkan minyak zaitun ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja tetapi juga bermanfaat didalam membantu menjaga kesehatan kulit.

Sehingga tidak heran jika minyak zaitun ini dijadikan sebagai salah satu bahan utama didalam berbagai produk kecantikan kulit, rambut, dan juga badan.

Lalu manfaat kandungan didalam minyak zaitun itu apa saja ya?  Berikut dibawah ini manfaat kandungan minyak zaitun untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1. Kaya Lemak Tak Jenuh Tunggal Yang Menyehatkan 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah tidak lepas dari kandungan lemak tak jenuh tunggalnya.

Minyak zaitun memiliki asam lemak utama berupa lemak tak jenuh tunggal yang disebut dengan asam oleat, yang membentuk sekitar 73 % dari total kandungan minyak zaitun.

Sebuah studi menunjukkan jika asam oleat ini dapat mengurangi peradangan dan bahkan kemungkinannya memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Minyak zaitun extra virgin ini bisa menjadi pilihan sehat untuk memasak berkat lemak tak jenuh tunggal yang cukup bisa bertahan terhadap panas tinggi.

2. Antioksidan Dan Antiinflamasi Yang Kuat  

Minyak zaitun juga kaya dengan antioksidan yang kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan bisa mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

Minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk memerangi peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi, dimana kedua manfaat tersebut dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Terlebih lagi peradangan kronis yang dianggap sebagai penyebab utama munculnya berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolic, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi, dan juga obesitas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam oleat dan asam lemak utama didalam minyak zaitun bisa membantu mengurangi kadar penanda inflamasi penting seperti C-reactive protein (CRP).

Satu penelitian yang lainnya juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun bisa menghambat beberapa gen dan protein yang menyebabkan peradangan.

Baca juga: Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Memiliki Sifat Anti-Kanker 

Manfaat minyak zaitun yang lainnya untuk kesehatan adalah memiliki sifat anti-kanker. Memang kanker ditakuti banyak orang, karena ini adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum di dunia.

Tetapi mereka yang tinggal di negara negara Mediterania berisiko lebih rendah terkena beberapa jenis kanker, dan banyak peneliti yang percaya jika minyak zaitun lah yang menjadi penyebabnya.

4. Memiliki Sifat Antibakteri

Kandungan nutrisi yang kaya didalam minyak zaitun bisa membantu menghambat atau membunuh bakteri berbahaya.

Salah satunya yang berbahaya adalah Helicobacter Pylori, ini merupakan bakteri yang hidup didalam perut dan bisa menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Sebuah penelitian menujukkan jika minyak zaitun bisa membasmi delapan jenis bakteri, dan tiga diantaranya resisten terhadap antibiotic.
 
Selain itu masih ada manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya seperti dapat mencegah stroke dan penyakit jantung.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *