Berikut Ini Pengertian dan Unsur-Unsur Dari Musik

Berikut Ini Pengertian dan Unsur-Unsur Dari Musik
Mungkin sebagian besar orang di dunia ini sangat menyukai musik. Walaupun tidak memiliki kemampuan bermain musik, namun masih bisa mendengar alunan musik yang indah dan syahdu.
Tetapi tahukah anda, apa itu musik? Musik merupakan ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara yang diutarakan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan. 
Selain itu, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu). 
Musik juga tidak hanya memiliki satu jenis saja, musik memiliki banyak macam-macam jenis dan bisanya dalam musik disebut dengan genre. Genre musik sendiri, merupakan pengelompokkan musik sesuai dengan kemiripan satu sama lainnya. 
Musik juga dapat dikelompokkan sesuai dengan kriteria lain seperti geografi, dan sebuah genre juga dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks dan tema musik. Selain itu, di dalam musik mempunyai unsur-unsur di dalamnya yang merupakan elemen penyusun yang membuat musik itu menjadi indah dan enak di dengan. 
Untuk lebih lanjutnya, berikut ini beberapa unsur-unsur musik yang bisa anda ketahui :

1. Nada

Tentunya, nada merupakan suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi rendahnya arus ujaran. Tinggi rendahnya arus ujaran, terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antara segmen.
Dalam sebuah musik, biasanya nada merupakan hal yang penting karena adalah yang dapat membuat orang menjadi lebih menyukai sebuah musik. 
Selain itu, biasanya musisi yang membuat musik indah dan elegan dapat terbentuk dari nada-nada yang mahal tanpa dimiliki oleh musisi yang lainnya. Yang tentunya, memiliki ciri khas tersendiri dari musisi tersebut.

2. Bunyi

Bunyi (suara) merupakan elemen musik yang paling dasar. Irama yang merupakan pengatur suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, yang dapat memberikan karakter tersendiri pada setiap pemiliknya.

3. Melody

Melody adalah nada yang diatur tinggi rendahnya, pola, dan harga nada. Sehingga, melodi sudah menjadi sebuah kalimat lagu yang menyusun dalam sebuah musik.

4. Harmonisasi

Harmonisasi merupakan kombinasi atau perpaduan yang baik antara irama dan melody, yang dapat menciptakan sesuatu yang indah di dalam musik.

5. Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu, untuk ukuran kecepatannya pun bisa diukur dengan alat yang bernama metronome dan keyboard. Tentunya, di dalam keyboard terdapat digital metronome yang dapat berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama seperti 3/4 atau 4/4.
Memang dengan adanya musik ini bisa membuat seseorang menjadi bergairah dan bersemangat, namun dengan musik juga bisa membuat seseorang menjadi sedih, galau, dan patah semangat. Karena memang secara tidak langsung, musik ini bisa mempengaruhi kondisi jiwa seseorang.
Itulah pengertian dan unsur-unsur dari musik, bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Beritaterbuka.com.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *