Braava Jet, Sahabat Robot Ibu Rumah Tangga

Braava Jet, Sahabat Robot Ibu Rumah Tangga
Braava Jet, Sahabat Robot Ibu Rumah Tangga

Para ibu tentu memiliki tugas untuk mengurus rumah. Mulai dari mencuci piring, bersih-bersih, memasak, belum lagi harus mengurus anak.

Menjadi seorang ibu memang memerlukan tenaga dan waktu ekstra. Bagi sebagian orang yang memiliki penghasilan lebih, tentu bisa membayar jasa pembantu rumah tangga.

Namun bagi sebagian orang, hal tersebut merupakan pemborosan. Bagi sebagian orang lagi, belum yakin untuk mempekerjakan pembantu.

Membersihkan rumah memang suatu pekerjaan yang membosankan. Apalagi bagi para ibu yang juga memiliki pekerjaan.

Tentu akan sulit untuk menyisihkan waktu untuk bersih-bersih. Seperti yang diketahui, kebersihan rumah adalah penting.

Karena jika kotor, rumah bisa menjadi sarang penyakit. Namun para ibu kini bisa tenang, karena semua masalah pasti ada solusinya. Begitu pula dengan masalah ini.

Solusinya adalah dengan memakai robot. Mendengar kata robot, mungkin Anda langsung terbayang dengan robot di film transformer.

Namun robot yang dimaksud di sini bukanlah yang demikian. Melainkan robot yang bisa membantu membersihkan rumah. Robot tersebut adalah robot Braava Jet.

Braava Jet merupakan robot yang dibuat oleh perusahaan iRobot. Braava Jet merupakan robot yang bisa membantu para ibu mengepel rumah.

Sehingga pekerjaan di rumah bisa selesai dengan cepat. Para ibu pun bisa menghemat waktu dan energi. Sehingga waktunya bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Pekerjaan aman, rumah pun tetap bersih, sehat, dan nyaman.

Untuk dapat beroperasi, Braava Jet menggunakan energi baterai. Baterai yang digunakan Braava Jet memiliki tenaga 12 Volt.

Baterai tersebut bisa diisi ulang. Braava Jet juga dilengkapi dengan mikrokontroler arduino mega serta sensor ultrasonik.

Sehingga Braava Jet bisa bergerak secara otomatis. Arah pergerakan Braava Jet bisa diatur untuk bergerag zig-zag atau acak.

Braava Jet pun bisa mendeteksi objek penghalang dan menghindarinya. Tak hanya jago mengepel, Braava Jet juga bisa menggantikan tugas vaccum cleaner.

Braava Jet memiliki tiga bantalan. Wet Mopping, Damp Sweeping, dan Dry Sweeping. Masing-masing bantalan tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Ketiga bantalan sebaiknya langsung dibuang selesai habis digunakan. Jika ingin menghemat, Anda bisa memilih bantalan yang bisa dibersihkan usai dipakai.

Braava Jet bisa menjangkau tempat-tempat yang sulit dipel. Seperti kolong bawah meja maupun kursi. Selain itu, durasi bekerja Braava Jet bisa diatur sesuai keinginan.

Cara menggunakan Braava Jet pun sangat mudah. Hanya perlu mengatur durasi bekerjanya. Kemudian tekan tombol enter.

Lalu pilih mode arah pergerakan zig-zag atau acak. Kemudian kembali tekan tombol enter lagi.
Ukuran Braava Jet lumayan kecil, sehingga tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

Dimensi yang dimiliki Brava hanya 17 x 18 x 8 cm. Braava Jet juga tidak berat, sehingga bisa dipindahkan dengan mudah. Braava Jet hanya memiliki berat 1,2 kg saja. Benar-benar ringan bukan?

Selain Braava, iRobot juga sempat membuat robot bernama Roomba. Roomba dibuat sebelum Braava Jet. Tugas Roomba hampir mirip dengan Braava Jet.

Bedanya jika Braava Jet bekerja di lantai, Roomba bekerja di atas karpet. Fungsinya sama-sama untuk membersihkan.

Ketika membuat Braava, perusahaan iRobot melakukan survey kepada pengguna Roomba. iRobot mengumpulkan data mengenai masalah dan keluhan pengguna terhadap Roomba.

Pengguna menyampaikan keluhan terkait kinerja Roomba. Kinerja Roomba baik di atas karpet, namun kurang efektif jika di atas kayu dan ubin. Keluhan tersebut menjadi pelajaran untuk iRobot.

Sehingga lahirlah Braavan yang bisa membersihkan lantai baik lantai kayu ataupun ubin. iRobot akan terus memperbaharui fitur-fitur produknya.

Mereka juga berniat untuk menambahkan fitur baru pada Braava. Fitur tersebut akan memungkinkan Braava untuk dikontrol melalui smartphone.

Bagi kalian yang ingin update berbagai informasi menarik, berita terkini, berita terhangat dan berita viral, terus kunjungi Beritaterbuka.com.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *