Mengenal Fitur ‘Request Account Info’ WhatsApp

Mengenal Fitur ‘Request Account Info’ WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting untuk smartphone. WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan tanpa pulsa.

Tak hanya sekadar chatting, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk bertukar gambar maupun file.

WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara. Tak hanya itu, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan video call.

Selain itu, WhatsApp terus melakukan pengembangn terhadap aplikasinya. Salah satu pembaharuan yang dilakukan adalah memberikan fitur update status. Fitur update status tersebut berfungsi layaknya insta story di Instagram.

Sejauh ini WhatsApp telah memiliki 1,5 miliar pengguna. Pengguna WhatsApp terdiri dari semua kalangan.

Mulai dari remaja hingga para orang tua memakai WhatsApp. Alasan WhatsApp menjadi pilihan adalah cara penggunaannya yang mudah.

Selain itu tampilannya simpel dan mudah dioperasikan semua kalangan. Selain itu, WhatsApp juga dikenal dengan aplikasi chat yang tidak berat. Sehingga banyak kalangan yang tertarik untuk menggunakannya.

Baru-baru ini WhatsApp melakukan update terhadap aplikasinya. Update tersebut memiliki versi 2.18.61 yang khusus dihadirkan untuk pengguna iPhone.

Fitur baru dihadirkan dalam update terbaru itu. Fitur yang ditambahkan adalah Request Account Info. Fitur tersebut akan membantu pengguna untuk mengunduh info tentang akun pengguna. Info tersebut antara lain informasi akun, foto profil, dan nama grup yang diikuti pengguna.

Fitur Request Account Info tidak dapat digunakan untuk mendownload isi pesan yang dikirim pengguna. Karena isi pesan dalam chat merupakan privasi yang harus dilindungi.

Sealin itu, isi pesan pengguna merupakan hal pribadi. Dan bisa disalahgunakan oleh pihak lain. Karena itulah, privasi pengguna adalah hal terpenting yang harus dijaga oleh WhatsApp.

Sesuai nama fiturnya, untuk mendapatkan info tentang suatu akun diperlukan proses request. Setelah mengajukan request, laporan mengenai info akun akan dikirimkan.

Laporan tersebut akan diproses selama tiga hari sejak request dilakukan. Ketika laporan sudah diberikan, pengguna akan diberitahu melalui notifikasi.

Kemudian pengguna bisa mengunduh laporan tersebut. Laporan  akan dikirimkan dalam bentuk dokumen.

Dokumen dikirimkan dalam format ZIP dan memiliki rincian dokumen HTML dan JSON.
Fitur ini dihadirkan terkait dengan peraturan baru mengenai privasi data di Eropa.

Peraturan tersebut disebut General Data Protection Regulation (GPDR). Salah satu isi dalam peraturan tersebut menjadi salah satu alasan fitur ini dibuat.

Peraturan itu mengharuskan pengguna aplikasi atau sosial media yang mempunyai fitur untuk menyimpan info pengguna, harus menyediakan fitur untuk mendownload info tersebut.

Mengenal Fitur ‘Request Account Info’ WhatsApp

Update WhatsApp terbaru ini juga dikabaran sekaligus memperbaiki masalah lain. Seperti masalah preview notifikasi sebelumnya.

Masalah sebelumnya yaitu pengguna tidak dapat melihat notifikasi mengenai nama pengirim pesan. Padahal di pengaturan tidak ada yang berubah.

WhatsApp akan terus melakukan pembaharuan terhadap aplikasinya. Memperbaiki kesalahan-kesalahan dan menambahkan fitur-fitur baru.

Hal tersebut dilakukan agar tidak kalah saing dengan aplikasi chat lainnya. Di zaman yang serba canggih ini, banyak saingan yang harus diwaspadai.

Jika ingin tetap maju harus terus berkembang. Jika tidak, para pengguna akan beralih ke aplikasi lainnya. Karena itulah WhatsApp terus memperbaharui fiturnya.

Dikabarkan selain fitur Request Account Info, WhatsApp juga akan menambahkan fitur stiker. Fitur stiker ini sedang dalam masa percobaan.

Bahkan ada pengguna yang mengaku sudah mencoba fitur ini. Pengguna tersebut mengaku mencobanya melalui versi beta.

Fitur stiker ini akan bisa dinikmati oleh pengguna android. Pengguna android bisa mendapatkannya dengan mudah di Play Store. Tak menutup kemungkinan, fitur ini juga akan bisa digunakan di iOS.

Bagi kalian yang ingin update berbagai informasi menarik, berita terkini, berita terhangat dan berita viral, terus kunjungi Beritaterbuka.com.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *