sumber : Kompas

Kamu ingin melakukan refleksi diri? Tontonlah film-film berikut ini! Berikut adalah 7 film tentang refleksi diri yang wajib ditonton. Mulai dari film klasik hingga film modern, film-film ini dapat membantu kamu melakukan refleksi diri dan menjadi lebih baik. Mulai dari Forrest Gump hingga The Shawshank Redemption, semua film ini layak untuk ditonton.

7 Film Tentang Refleksi Diri yang Wajib Ditonton

Film adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyampaikan pesan. Film yang mengandung nilai-nilai positif dapat membantu kita dalam mengambil pelajaran dari cerita yang ditampilkan. Salah satu tema yang banyak ditampilkan dalam film adalah refleksi diri. Refleksi diri adalah proses memikirkan kembali tentang kehidupan kita, mengidentifikasi masalah dan mencari solusi untuk memperbaiki diri. Berikut adalah 7 film tentang refleksi diri yang wajib ditonton.

1. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump adalah film drama komedi yang dibintangi oleh Tom Hanks. Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama Forrest Gump yang memiliki IQ rendah namun memiliki hati yang luar biasa. Forrest mengalami banyak hal dalam hidupnya, mulai dari menjadi tentara, menjadi pengusaha, hingga menjadi seorang ayah. Forrest Gump adalah film yang mengajarkan kita untuk menghargai hidup kita, bersyukur atas apa yang kita miliki, dan tidak menyerah meskipun kita menghadapi banyak rintangan.

sumber : Paramount plus

2. Frances Ha (2016)

Frances Ha adalah film drama komedi yang dirilis pada tahun 2012, disutradarai oleh Noah Baumbach. Film ini ditulis oleh Baumbach bersama dengan Greta Gerwig, yang juga membintangi film ini dalam peran utama.

Film ini mengisahkan kehidupan seorang wanita muda bernama Frances Halladay (diperankan oleh Greta Gerwig), seorang penari balet yang bercita-cita tinggi, tetapi menghadapi kesulitan dalam karirnya. Frances berjuang untuk menemukan jati dirinya di tengah kehidupan di New York yang mahal, sambil menjalani pekerjaan sementara dan mengalami perubahan hubungan dengan sahabat-sahabatnya.

sumber : IMDb

3. La La Land (2016)

La La Land adalah sebuah film musikal romantis yang dirilis pada tahun 2016, disutradarai oleh Damien Chazelle. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone dalam peran utama. Ceritanya mengisahkan kisah cinta antara seorang pianis jazz, Sebastian (diperankan oleh Ryan Gosling), dan seorang aktris muda, Mia (diperankan oleh Emma Stone), yang bercita-cita menjadi aktris terkenal. Mereka berdua saling jatuh cinta di Los Angeles, sambil berusaha mengejar impian mereka masing-masing di dunia hiburan yang kompetitif.

sumber : Detik

BACA JUGA : 5 Drama Korea Romantis Komedi Terbaru yang Wajib Ditonton

4. The Intouchables (2011)

The Intouchables adalah film drama komedi yang dibintangi oleh Fran├žois Cluzet dan Omar Sy. Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama Philippe yang memiliki keterbelakangan mental dan harus dijaga oleh seorang pria bernama Driss. Philippe dan Driss berjuang untuk mencapai tujuannya, dan mereka berhasil menemukan arti kehidupan yang sebenarnya. The Intouchables adalah film yang mengajarkan kita untuk berjuang bersama meskipun kita berbeda.

sumber : Kompasiana

5. The Greatest Showman (2017)

The Greatest Showman adalah film drama musikal yang dibintangi oleh Hugh Jackman. Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama P.T. Barnum yang berjuang untuk mencapai tujuannya. P.T. Barnum mengalami banyak rintangan dalam hidupnya, namun ia tetap berjuang untuk mencapai tujuannya. The Greatest Showman adalah film yang mengajarkan kita untuk tidak menyerah meskipun kita menghadapi banyak rintangan.

sumber : IMDb

6. Sang Pemimpi (2009)

Sang Pemimpi adalah adaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang merupakan bagian kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Disutradarai oleh Riri Riza, film ini menceritakan petualangan dan perjuangan Ikal dan sahabatnya, Arai, di kota besar setelah meninggalkan Belitung.

sumber : montasefilm

Mereka berdua, yang dulunya merupakan bagian dari Laskar Pelangi, mencari jati diri dan berusaha mengejar impian masing-masing. Film ini mengisahkan tentang pertemuan, persahabatan, kegagalan, cinta, dan perjuangan untuk mewujudkan impian, sambil tetap mempertahankan semangat dan kenangan dari masa lalu mereka.

Seperti kisah-kisah Andrea Hirata lainnya, “Sang Pemimpi” juga mengangkat pesan-pesan moral dan nilai-nilai kehidupan yang kuat, serta menunjukkan potret kehidupan masyarakat Indonesia yang penuh warna.

7. Silver Linings Playbook (2012)

Silver Linings Playbook adalah sebuah film drama komedi yang dirilis pada tahun 2012, disutradarai oleh David O. Russell. Film ini didasarkan pada novel berjudul sama karya Matthew Quick. Film ini menampilkan Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, dan Robert De Niro dalam peran utama.

sumber : Kompas

Ceritanya berkisah tentang Pat Solitano (diperankan oleh Bradley Cooper), seorang pria yang baru keluar dari pusat pemulihan kesehatan mental setelah diagnosis bipolar. Ia berusaha untuk memulai kembali kehidupannya dan mendapatkan kembali istrinya yang telah berpisah darinya.

Jadi, film-film ini mengajak kita untuk mengenal diri kita lebih dalam, menemukan kembali tujuan hidup kita, menyadari kekurangan dan kelebihan kita, dan mencari jalan untuk mencapai tujuan kita. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan refleksi diri Anda, jangan lupa untuk menonton 7 film tentang refleksi diri yang wajib ditonton ini.

BACA JUGA : 10 Film Self Improvement yang Bisa Mengubah Cara Pandang Hidup Anda