5 Rekomendasi Objek Wisata Seni di Jogja, Wajib Kamu Kunjungi !

5 Rekomendasi Objek Wisata Seni di Jogja, Wajib Kamu Kunjungi !

objek-wisata-seni-di-jogja


beritaterbuka.com- Salah satu alasan kota Jogja terkenal ternyata adalah beragam objek wisata seni di Jogja, berikut adalah beberapa contoh wisata di daerah istimewa ini:

1. Keraton Hadiningrat

Siapa yang tak kenal dengan corak Indonesia satu ini? Keraton adalah kerajaan yang ada pada zaman dulu, dan memiliki banyak nilai sejarah serta corak kesenian mendalam. Dan sekarang, kalian bisa mengunjungi salah satu objek wisata di Jogja satu ini dengan bebas di Jogja, lo! 

Hanya dengan memberikan uang untuk tiket masuk yang harganya relatif murah, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam corak kesenian di masa lampau yang berada di Jogja ini dengan mudah!

Dimulai dari melihat beberapa rumah adat Joglo, museum bersejarah, dan beberapa titik esensial yang ada di Keraton. Pokoknya, tempat ini benar-benar direkomendasikan untuk Anda yang ingin merasakan sensasi kembali ke masa dimana Indonesia masih berbasis kerajaan-kerajaan! 

2. Cemeti

Cemeti adalah pusat seni independen yang berdiri pada 31 Januari 1988 oleh Mella Jaarsma dan Nindityo Adipurnomo. Lembaga tersebut berlokasi di Jalan DI. Panjaitan 41, Yogyakarta. Institut Cemeti ini berfokus pada kegiatan kesenian, pameran, residensi dan manajemen seni.

Jika Anda berlibur ke Jogja, pastikan untuk tidak melewatkan pertunjukan dari Cemeti ini! Karena selain kesenian, mereka juga menyuguhkan berbagai macam benda di pameran seperti lukisan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Susunan Acara Pernikahan Adat Jawa, yang Wajib Kamu Tahu !

3. Museum Affandi

Pernah mendengar nama ‘Affandi’? Beliau adalah pelukis kelahiran 1903, tidak hanya pelukis biasa, namun Affandi Koesoema ini memiliki julukan sebagai Sang Maestro Lukisan Indonesia.

Bahkan secara khusus sekarang pelukis yang menghembuskan nafas terakhirnya di kota istimewa Jogja tersebut dibuatkan satu museum yang isinya penuh dengan lukisan buatan beliau sepanjang menjajaki karir sebagai pembuat lukisan ternama yang namanya melejit dimana-mana.

Apabila Anda senang dengan karya dua dimensi yang memiliki kesan tersembunyi ini, Museum Affandi sangat direkomendasikan untuk Anda datangi kalau menjejakkan kaki di tanah sini dan mencari objek wisata seni di Jogja!

4. Museum Sonobudoyo

Museum satu ini berbeda dengan Museum Affandi di atas, meski sama-sama merupakan objek wisata seni di Jogja, Museum Sonobudoyo ini adalah tempat dimana banyak kesenian bernilai sejarah penting kepunyaan Jogja tersimpan apik.

Bahkan bangunannya sendiri pun menggunakan gaya Jawa klasik sampai sekarang, yang didasari oleh warna putih dengan beberapa pilar di bagian depannya.

5. Jogja Galeri

Galeri, pada hakekatnya tidak berbeda jauh dengan pameran, barangkali yang ditonjolkannya lah yang sedikit berbeda. Dan sejak 19 September tahun 2006 lalu, berdirilah galeri di Jogja secara resmi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Bagi Anda sekalian yang menyukai seni seperti ini wajib datang ke Galeri Jogja yang menampakkan berbagai lukisan. Tidak jauh berbeda dengan Museum Affandi, namun Jogja Galeri tidak hanya berpaut pada karya satu orang.

Nah, itulah lima objek wisata seni di Jogja yang tentunya memiliki banyak sekali nilai kesenian serta nilai sejarah tersendiri yang tak bisa disepelekan. Khususnya yang mempunyai corak berupa kesenian daerah di kota istimewa tersebut.

Jangan lupa untuk mengabadikan foto dengan kamera Anda di Jogja sana supaya memiliki kenang-kenangan berkesan. Semoga artikel ini dapat membantu untuk Anda sekalian yang masih bingung memilih tempat wisata ke Jogja terutama objek wisata berbau seni di daerah istimewa Jogja, ya!


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *