Niat sholat Tarawih untuk mengawali malam ramadhan dengan ketulusan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Salah satu ibadah istimewa di bulan ini adalah sholat Tarawih. Sholat sunnah ini dikerjakan secara berjamaah di masjid atau musholla setelah sholat Isya.

Sebelum menunaikan sholat Tarawih, penting untuk memahami niatnya. Niat merupakan ikrar di dalam hati yang menjadi pembeda antara ibadah dan kebiasaan biasa.

Bacaan Niat Sholat Tarawih

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

BACA JUGA : Tata Cara dan Bacaan Lengkap Niat Sholat Qobliyah Subuh

Waktu Membaca Niat

Niat dibaca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al-Fatihah. Selain itu perlu juga untuk memperhatikan bacaan niat dibaca dalam hati dengan tulus, tidak perlu mengangkat tangan saat membaca niat dan bila lupa membaca niat di awal rakaat, niat bisa dibaca di tengah rakaat.

Keutamaan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya, menghapus dosa-dosa kecil, mendapatkan pahala yang berlimpah. Selain itu bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan melatih kedisiplinan dan kekhusyu’an dalam beribadah.

Maka dari itu, mari kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh semangat dan kegembiraan. Tunaikan sholat Tarawih dengan niat yang tulus dan ikhlas, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.

BACA JUGA : Al Quran Juz 29 Surat Apa Saja? Ini 11 Urutan dan Maknanya