Niat Sholat Qobliyah Subuh merupakan hal penting yang diperhatikan ketika Sholat Qobliyah Subuh, karena merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum sholat Subuh. Sholat ini memiliki keistimewaan dan keutamaan yang berlimpah, di antaranya pahala yang berlimpah dan diampuni dosa-dosa kecil.

Niat Salat Qobliyah Subuh

Niat merupakan kunci utama dalam melakukan ibadah, termasuk sholat Qobliyah Subuh. Berikut adalah bacaan niat sholat Qobliyah Subuh:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْقَبْلِيَّةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَىٰ

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Qobliyah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Salat Qobliyah Subuh

BACA JUGA : Panduan Lengkap Bacaan Doa Iftitah Allahumma Baid

Tata cara sholat Qobliyah Subuh sama dengan sholat sunnah lainnya, yaitu:

  1. Wudhu.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya.
  4. Ruku’.
  5. Sujud.
  6. Duduk di antara dua sujud.
  7. Tasyahud akhir.
  8. Salam.

Waktu Salat Qobliyah Subuh

Waktu terbaik untuk melaksanakan sholat Qobliyah Subuh adalah setelah masuk waktu Subuh hingga sebelum adzan Subuh dikumandangkan. Sholat Qobliyah Subuh memiliki banyak keutamaan, di antaranya, pahala yang berlimpah, diampuni dosa-dosa kecil, mendapatkan syafaat di hari kiamat, hingga dijauhkan dari siksa api neraka.

Sholat Qobliyah Subuh adalah amalan yang mudah dan ringan, namun memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, marilah kita laksanakan sholat Qobliyah Subuh dengan penuh ketaatan dan kekhusyu’an. Mari kita jadikan sholat Qobliyah Subuh sebagai bagian dari rutinitas pagi kita untuk meraih keberkahan dan pahala ganda. Semoga informasi ini bermanfaat!

BACA JUGA : Al Quran Juz 29 Surat Apa Saja? Ini 11 Urutan dan Maknanya